Oleh: astutiamin | Oktober 19, 2009

Implikasi Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Mahasiswa

Meningkatnya peran ICT dalam dunia pendidikan menuntut peran guru yang memiliki kemampuan teknologi literasi yang baik. Dalam hal ini, seorang guru harus memiliki kemampuan untuk menggunakan proses teknologi atau memanfaatkan hasil teknologi. Bahkan guru sebaiknya dapat merancang dan membuat karya teknologinya sendiri.

Oleh karena itu, lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) sepatutnya menyelenggarakan pembelajaran yang berbasis ICT. Pembelajaran berbasis ICT akan menciptakan situasi dan lingkungan bagi mahasiswa yang dapat menstimulasi kemampuan untuk berkreasi dan berinovasi. Keterlibatan kreasi dan inovasi dalam dunia ICT mensyaratkan kemampuan penguasaan teknologi ICT yang baik, sehingga menuntut mahasiswa untuk meningkatkan dan memperbaharui (update) keterampilan ICT yang dimiliki. Dengan demikian, out put LPTK yang akan terjun ke dalam dunia pendidikan di sekolahan sebagai guru atau tenaga kependidikan telah memiliki kompentensi ICT yang baik.

Kemampuan menggunakan ICT merupakan salah satu kompetensi yang dipersyaratkan wajib dimiliki oleh setiap guru dan calon guru. Kompetensi penggunaan ICT merupakan salah satu aspek dalam kompetensi pedagogic dan kompetensi professional berdasarkan Peraturan Menteri Republik Indonseia No. 16 tahun 2007. Berdasarkan Permen tersebut, seorang guru atau calon guru harus dapat menggunakan teknologi komunikasi dan informasi untuk kepentingan pembelajaran sebagai salah satu kompetensi pedagogik. Sedangkan sebagai kompetensi professional, seorang guru atau calon guru harus memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi untuk berkomunikasi dan untuk pengembangan diri.

DAFTAR PUSTAKA

  • Amin, Astuti Muh. 2009. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology terhadap Hasil belajar Siswa Biologi Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Makassar.
  • Anonim a. 2006. E Learning Award. http://elearning.unimal.ac.id/upload/materi/pbl-ict.pdf. Diakses pada tanggal 7 mei 2008.
  • Anonim b. 2007. Pemanfaatan Media Berbasis ICT terhadap Pembelajaran di Sekolah. http://ict.community.multiply.com. Diakses pada tanggal 12 Desember 2008.
  • Anonim c. 2006. Prinsip-prinsip Kognitif Pembelajaran Multimedia. http://Journal.unair.ac.id. Diakses pada tanggal 21 Mei 2008.
  • Anonim e. 2008. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. http://www.upscale.utoronto.ca. Diakses pada tanggal 12 Desember 2008.
  • Anonim f. 2007. Belajar Lebih Menyenangkan dengan Animasi. http://www.edubenchmark.com. Diakses pada tanggal 12 Desember 2008.
  • Bambang, Aryan. 2007. Pengembangan ICT dalam Pembelajaran di SMA. http://rbaryans.wordpress.com. Diakses pada tanggal 3 Januari 2009.
  • Djamarah, BS dan A.  Zin. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
  • Haryanto. 2008. E-Learning Bahasa Jawa. http://media.diknas.go.id.  Diakses tanggal 3 Juni 2008.
  • Haling, Abdul. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
  • Harun, J dan Zaidatun. 2004. Teknologi Multimedia dalam Pendidikan. http://www. ctl.utm.my/publications/manuals/mm/elemenMM.pdf. Diakses pada tanggal 9 Desember 2008.
  • Isroi. 2008. Persentase Aktif dengan MS Powerpoint. http://isroi.wordpress.com/tag/ms-poerpoint. Diakses tanggal 3 Juni 2008.
  • Ketut D, Adhie. 2007. Membangun media belajar berbasis ICT. http://bp3.blogger.com. Diakses tanggal 9 Juni 2008.
  • Munardi, Chozin. 2007. Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah dalam Mendukung Model Pembelajaran Berbasis ICT di SMA Negeri I Probolinggo. http://media.diknas.go.id/media/document/5398.pdf. Diakses tanggal 7 Mei 2008.
  • Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sekolah Pascasarjana Universitas Indonesia bekerja sama dengan Penerbit Alfabeta. Jakarta.
  • Nurhayati dan Lukman,W. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Jurusan Biologi FMIPA UNM.
  • Riyana, Cepi 2008. Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran. http://chepy.files. wordpress.com. Diakses tanggal 7 mei 2008.
  • Silberman, Malvin, Allyn and Bacon. 1996. Aktive Learning. Boston London Toronto Sydney Tokyo Singapore.
  • Silfia H. 2008. Memecahkan Masalah Dunia Pendidikan. http://Silfiahananisyafei.blogspot.com. Diakses pada tanggal 18 September 2008.
  • Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: